Setelah 4 Tahun Absen, Kabupaten Soppeng Kembali Terima Piala Adipura

admin
0

 


SOPPENG, MAJALAHPRO - Pemerintah Kabupaten Soppeng berhasil meraih piala Adipura Tahun 2023 dibawah kepemimpinan Ariyadin untuk yang pertama kalinya. Capaian ini didapat setelah 4 Tahun meraih piala Adipura pada Tahun 2019 lalu.

 

Di acara tersebut, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide menerima langsung Piala Adipura yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Selasa (5/03/).

 

Usai kegiatan, Ir H Lutfi Halide menyampaikan piala Adipura ini merupakan hasil dari upaya tidak kenal lelah pemerintah dan masyarakat dalam menjaga ekosistem lingkungan yang lebih baik, terutama pengolahan sampah.

 

"Piala Adipura ini adalah pencapaian semua pihak. Terima kasih untuk masyarakat yang terus memberi dukungan," ucapnya.

 

Di momen yang sama pun Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng Ariyadin mengaku, bahwa piala Adipura ini tidak terlepas berkat kolaborasi dan partisipasi organisasi perangkat daerah, penggiat dan pemerhati lingkungan, unsur Forkopimda, masyarakat, pemuda dan organisasi lainnya.

 

Kata Ariyadin, kunci keberhasilan Kabupaten Soppeng dalam meraih Adipura juga karena sistem pemilahan sampah dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dimaksimalkan pengelolaannya.

 

“Masalah sampah yang menggunung di TPA dengan volume sampah yang masuk setiap harinya kurang lebih 60 ton kita tata sedemikian rupa sehingga nampaknya hanya 25 persen dari luasan TPA,” jelasnya.

 

Menurut Ariyadin, raihan ini merupakan upaya dan kerja keras yang dilakukan bersama seluruh komponen, sehingga hasil sesuai yang diharapkan.

 

“Piala Adipura ini nantinya akan disambut di perbatasan Soppeng - Barru dan selanjutnya akan diarak keliling di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng,”urainya.(**)


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)